Senin, 08 November 2010

“KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA”


A.Unsur Fisik Wilayah Indonesia (Luas, Batas, Letak Wilayah Indonesia)

 1. Letak Astronomis
          Letak astronomis adalah letak suatu wilayah / negara terhadap garis lintang dan garis bujur.Garis lintang adalah garis khayal pada peta yang melintang dari timur ke barat.Garis bujur adalah garis khayal pada peta yang menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan.

 (letak astronomis indonesia)
          Letak astronomis Indonesia adalah 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT. Oleh sebab itu wilayah indonesia paling utara adalah pulau We terletak pada posisi 6°LU, paling selatan adalah pulau Rote terletak pada posisi 11°LS, paling barat adalah pulau We juga pada posisi 95°BT, dan paling timur adalah kota merauke pada posisi 141°BT. Karena indonesia terletak di antara 0°LU-23½°LU dan 0°LS-23½°LS, maka Indonesia beriklim tropis. Berdasarkan letak garis lintang, yaitu 95°BT - 141°BT maka wilayah Indonesia terbagi atas 3 daerah waktu, yaitu:
1. WIB (Waktu Indonesia Barat)
  Wilayah Indonesia yang termasuk daerah WIB adalah pulau sumatra, Jawa, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, serta pulau-pulau yang termasuk kedalam batas wilayah tersebut. Waktu wilayah ini 7 jam lebih cepat dari GMT.
2. WITA (Waktu Indonesia Tengah)
  Wilayah Indonesia yang termasuk daerah WITA adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, pulau Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi. Waktu wilayah ini 8 jam lebih cepat dari GMT.
3 WIT (Waktu Indonesia Timur)
  Wilayah Indonesia yang termasuk daerah WIT adalah Maluku, Papua, dan pulau-pulau sekitarnya. Waktu wilayah ini 9 jam lebih cepat dari GMT.
          Berdasarkan ketentuan bahwa setiap 1° lintang atau bujur sama dengan 111,56 km (111 km) di muka bumi, maka panjang dan lebar wilayah Indonesia dapat dihitung sebagai berikut.
a.l ebar wilayah Indonesia (6)°LU + 0° + 11°(LS)= 17° X 111 km= 1.887 km
b. panjang wilayah Indonesia 141° (BT) - 95° (BT) = 46° X 111 km = 5.106 km (1/8 keliling bumi)
           Fungsi letak astronomis adalah:
a. untuk menghitung luas suatu wilayah
b. untuk menentukan iklim suatu wilayah
c. untuk menentukan daerah waktu
-->

2. Letak Geologis

Letak Geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada pada bumi.
Letak Geologis wilayah Indonesia:
  1. Indonesia merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan sirkum Mediterania dan                   rangkaian Pegunungan sirkum Pasifik.
  2. Indonesia terletak pada lempeng Indonesia-Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia
  3. Indonesia terletak pada Dangkalan Sunda, Dangkala Sahul, dan Daerah Laut pertengahan Australia Asiatis

3. Letak Geografis

Letak Geografis adalah letak suatu daerah / tempat dilihat dari keadaan sebenarnya di muka bumi.
Letak Geografis Indonesia adalah berada pada 2 samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik dan 2 benua yaitu benua Asia dan benua Australia.

-->
Dampak positif & negatif letak wilayah Indonesia:
a. Positif:
    1. Terbentuknya kerja sama regional ASEAN
    2. Lalu lintas pelayaran wilayah perairan Indonesia ramai
   3. Kegiatan perdagangan di Indonesia semakin maju
   4. Menambah devisa negara
   5. Kegiatan pariwisata di Indonesia semakin meningkat
b. Negatif:
   1. Banyaknya budaya asing masuk
   2. Dari segi keamanan kurang menguntungkan

B. Musim di Indonesia

Musim di Indonesia di pengaruhi oleh angin muson. Angin muson adalah angin gerakan massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara yang mencolok antara daratan dan lautan.
Angin muson di bagi menjadi 2, yaitu angin muson timur dan angin muson barat.
Angin muson timur terjadi pada bulan April – Oktober. Pada waktu itu matahari berada di belahan bumi utara, sehingga tekanan udara di belahan bumi utara minimum, dan di belahan bumi selatan maksimum. Angin muson timur berhembus dari benua Australia menuju ke benua Asia melalui Indonesia, dan angin itu bersifat kering. Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober – April. Pada waktu itu matahari berada di belahan bumi selatan, sehingga tekanan udara di belahan bumi utara maksimum, dan di belahan bumi selatan minimum. Angin muson timur berhembus dari benua Asia dan samudra Hindia menuju ke benua Australia melalui khatulistiwa, dan angin itu bersifat basah.
            Musim labuh adalah masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Musim itu terjadi pada bulan Oktober – November. Musim mareng adalah masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Musim terjadi pada bulan Maret – April.

Download postingan di atas (1,63 MB):
Alphienz Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar